Senin, 12 Desember 2016

Wisata Penyu Sisik di Pulau Pramuka

Pulau pramuka sangat terkenal di Indonesia sangat terkenal sebagai lokasi tempat penangkaran penyu sisik. Penyu yang terancam punah ini sangat cocok hidup di habitatnya di pulau Pramuka. Penyu ini memiliki nama latin yang cukup indah yaitu "eretmochelys imbricate" seindah tempurung penyu sisik yang selalu diburu karena harganya cukup mahal. Pulau pramuka sebagai tempat penangkaran penyu sisik yang langka ini menjadi sangat terkenal dan menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin melihat dari dekat hewan yang langka ini.

Saat anda berkunjung ke pulau Pramuka, rasanya belum lengkap jika tidak berkunjung ke tempat penangkaran penyu yang menjadi icon pulau ini. Tempat penangkaran penyu sisik ini dibuat se-alami mungkin untuk menyesuaikan habitat asli hewan yang cantik ini. Jangan anda membayangkan tempat penangkaran berbentuk sarang yang besar yang di dalamnya terdapat ribuan penyu. Imajinasi anda salah besar.

penyu pulau pramuka, penyu sisik, penyu hijau, penyu sisik pulau pramuka

Penangkaran penyu sisik di pulau Pramuka ditata sedemikian rupa, tanpa sangkar besar. Pulau Pramuka inilah yang merupakan sangkar alami bagi penyu sisik. Bahkan saat anda berenang di pantai sepanjang pulau Pramuka maka sangat besar kemungkinan anda bertemu hewan yang lucu ini. Sungguh menyenangkan jika kita melihat penyu kecil (tukik) yang berlarian di pasir putih pantai pulau Pramuka yang berlari menyongsong ombak. Rasanya ingin sekali menolong mereka, mengangkat dan menaruhnya ke dalam air.

Tetapi jika anda melakukan hal itu, anda berarti sudah merubah siklus hidup penyu sisik yang lucu ini. Karena proses berlarinya penyu kecil ini ke arah ombak di tepi pantai adalah proses alami mereka untuk melenturkan kaki agar kuat berenang di laut. Tukik ini perlu menjalani proses alami jatuh bangun berlari menuju laut.

Pulau Pramuka yang berada di sebelah utara pulau Tidung merupakan pulau yang dikelilingi oleh koral atau karang. Dan keberadaan karang di pulau Pramuka ini merupakan tempat menyimpan makanan utama penyu sisik. Karena itulah pulau Pramuka ditetapkan oleh pemerintah sebagai taman nasional penangkaran penyu sisik yang hampir punah ini.

penyu pulau pramuka, penyu sisik, penyu hijau, penyu sisik pulau pramuka

Jika anda ingin berkunjung ke pulau pramuka yang merupakan habitat penyu sisik, jangan ragu hubungi kami klik Pulau Tidung. Kami menyediakan paket wisata pulau Pramuka yang akan mengatur jadual anda berkeliling pulau untuk menikmati keindahan pulau Pramuka. Suatu kesempatan yang sangat baik jika anda berkunjung ke pulau Pramuka untuk melihat keberadaan penyu sisik yang hampir punah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar